Thursday, May 2, 2013

JENIS CACING TANAH



Cacing tanah seperti yang banyak dikenal masyarakat dan menempati bagian permukaan tanah yang lembab termasuk dalam hewan tingkat rendah karena tidak m empunyai tulang belakang (avertebrata). Dalam klasifikasi biologi, cacing tanah termasuk dalam filum annelida atau hewan beruas-ruas atau b ergelang –gelang . cirinya yaitu b ertub uh sietris bilateral, slindris memanjang, bersegmen-segmen (sekitar 115-200 segmen) dan pada bagian permukaan tubuh terdapat sederetan sekat atau dinding tipis.
Filum annelida terbagi menjadi tiga kelas yaitu polychaeta, hirudinea dan oligochaeta. Polycaheta merupakan kelompok cacing yang  memiliki banyak seta atau sisir di tubuhnya contohnya adalah nereis hirudinea adalah lintah dan pacet (hirudo medicinalis dan haeadisa zeylanica).
Kelas terakhir dari phylum annelida adalah oligochaeta dimana cacing tanah termasuk di dalamnya lataran jumlah seta (rambut keras berukuran pendek) pada tubuh cacing tanah sangat sedikit. Kelas oligochaeta mempuyai 12 famili dimana beberapa famili  yang paling banyak dibudidayakan adalah famili lumbriciade, magascolecidae, octochaetidae, dan acanthrodrilidae.
Dengan melihat tempat hidupnya di alam bebas cacing tanah juga bisa dikelompokkan menjdi tiga jenis yaitu epigeic, endogec dan anecic. Perbedaan antara ketiganya adalah pada ukuran dan warna tubuh. Cacing tanah epigeic merupakan kelompok cacing tanah yang tinggal di atas permukaan tanah yang kaya bahan organik, seperti pada tumpukan sampah. Contoh dari cacing jenis ini adalah lumbricus rubellus, dendoraena octaendra. Cacing tanah jenis endogec merupakan kelompok cacing tanah yang tinggal di dalam tanah bermineral, namun sesekali naik keatas permukaan tanah bilamana t anah permukaan atas sedang basah terkena air, seperti pada musim penghujan. Contoh cacing jenis ini adalah aporrectodea caliginosa. Sedangkan cacing tanah jenis anecic merupakan kelompok cacing tanah yang tinggal pada liang tanah yang dalam hingga kedalaman 2 meter.  Contoh dari cacing ini adalah lumbricus terrestris.
Selain itu cacing tanah oleh beberapa kalangan juga dikelompokkan b erdasarkan warnanya yakni kelompok merah dan kelompok abu-ab u. Kelompok warna merah antara lain adalah lumbricus ru bellus (the red worm), L. Terestris (the night crawler), eisenia foetida (the bradling worm), dendroboena, perethima dan perionix. Sedangkan kelompok abu-abu antara lain jenis allobopora (the field worm) dan octolasium.

No comments:

Post a Comment